Tips Belajar Percakapan Bahasa Inggris Pasti Berhasil

Tips Belajar Percakapan Bahasa Inggris – Bagaimana agar bisa lancar melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris? Tentu dengan bantuan teknologi dan internet saat ini, semua jadi lebih mudah. Nah, kamu bisa menggunakan penjelasan berikut, dijamin pasti berhasil.

tips-belajar-percakapan-bahasa-inggris

1. Menyapa Seseorang Dalam Bahasa Inggris

Kamu bisa menggunakan berbagai ekspresi untuk menyapa seseorang, misalnya dengan menggunakan beberapa kalimat berikut:

Hi, how are you?

Halo, apa kabar?

Where do you live?

Kamu tinggal dimana?

Can you help me?

Bisakah kamu membantuku?

Untuk belajar, guankanlah kalimat-kalimat yang sederhana. Boleh juga dengan mengumpulkan berbagai kosa kata dari hasil nonton film kartun anak-anak, mengapa? Karena dialog mereka cenderung pendek-pendek dan mudah dimengerti. Sehingga, sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar percakapan dengan mudah. Kemudian, gunakan kalimat-kalimat sapaan tersebut untuk digunakan sehari-hari dengan teman, keluarga di rumah, atau mungkin orang asing yang kamu kenal di sosial media.

2. Belajar Percakapan Dari Mini Story

Cobalah untuk sering meluangkan waktu membaca berbagai mini story yang ada di Internet. Nah, biasanya berbagai mini story tersebut dilengkapi dengan pertanyaan yang relevan dalam bahasa inggris seputar cerita yang sudah kamu baca tadi. Kamu bisa melatih dirimu sendiri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan bahasa kamu sendiri. Cara ini terbilang efektif karena kamu menggunakan berbagai kata yang sudah kamu kuasai hanya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan tepat.

3. Latih Diri Untuk Lebih Aktif Bicara Bahasa Inggris

Ada kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan dengan teman sekelas, saudara, atau sahabat untuk bisa belajar berbicara bahasa inggris dulu. Misalnya, kamu bisa menggulung beberapa kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan menggelitik, misalnya apa hal yang paling konyol yang pernah kamu lakukan? Apa hobimu? Hal apa yang ingin kamu lakukan? dan lainnya. Nah, masing-masing orang harus mengambil satu gulungan kertas tersebut dan harus menjawabnya tentu dengan menggunakan bahasa inggris. Sambil menunggu giliran, yang lain harus menyimak, boleh juga melontarkan pertanyaan.

4. Melatih Lidah

Listening atau skill mendengar sangat dibutuhkan untuk mengasah kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendengarkan berbagai lagu bahasa inggris, supaya apa? Supaya lidah jadi terbiasa dengan berbagai kosa kata bahasa inggris. Cara lainnya juga bisa dengan read aloud, atau membaca cerita yang sederhana. Dengan beginilah, maka pelafalan dalam kosa kata bahasa inggris akan jadi lebih sempurna.

5. Cintai Grammar

Kamu tidak akan berhasil menguasai bahasa inggris jika kamu sudah membenci grammar sejak awal. Percaya deh, karena grammar juga termasuk bagian dari pondasi untuk menguasai bahasa inggris itu sendiri. Nah, bagaimana jika grammar itu terlalu sulit? Mulailah dari yang mudah. Pelajari satu per satu. Misal, kamu bisa belajar membedakan subjek, objek, dan verb dalam kalimat, kapan harus menggunakan to be yaitu is, am, are dalam bahasa inggris serta lainnya. Lalu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, I am hungry, I am thirsty, You are my best friend, I am at home, dan lainnya.

6. Belajar Percakapan Sambil Main Game MMO

Apa sih main game MMO ini? MMO adalah Massively Multiplayer Online. Game tersebut dimainkan oleh ribuan players secara online dari berbagai negara. Mereka akan bermain untuk menyelesaikan misi tertentu. Tentu saja, untuk bisa bermain, maka para pemain harus berkomunikasi baik via lisan atau tulisan menggunakan headset atau keyboard komputer. Sedangkan untuk gamenya juga bervariasi, mulai dari game perang, game strategi, drama, dan lain-lain.

Untuk berinteraksi menggunakan headset, itu artinya kamu akan langsung berbicara dengan native. Nah, caranya adalah dengan memilih bermain bersama player yang berada di negara-negara yang menggunakan bahasa inggris. Beberapa MMO yang bisa dimainkan adalah Point Blank, World of Warcraft, Idol Street, dan lainnya. Nah, untuk kamu yang sudah mahir menggunakan bahasa inggris, kamu bisa coba main game ini biar lebih lancar.